A.Penelitian Psikologi
dan Internet
PUBLIKASI ONLINE
Publikasi
Online adalah suatu informasi, pesan atau pengumuman dalam bentuk online yang
diterbitkan dan diumumkan dalam dunia internet melalui media elektronik baik
melalui komputer, leptop, handphone atau apa saja yang dapat terhubung dalam
dunia online. Banyak sekali manfaat dari publikasi online ini apalagi di jaman
sekarang yang rata-rata masyarakat di seluruh penjuru dunia dapat terhubung
dengan internet. Internet itu sendiri adalah alat mencari ataupun bertukar
informasi.
Banyak yang
dapat dilakukan dalam publikasi online misalnya untuk berjualan dan memasarkan
produk-produk. Banayak juga perusahaan yang menawarkan pekerjaan melalui
internet. Semua ini sangat bermaanfaat dan lebih irit biaya karena relatif
murah, mudah dan cepat. Maka dari itu publikasionline sangat bermanfaat untuk
kepentingan dan keperluan di jaman yang serba cepat dan modern ini.
SUMBER:
http://www.politik.lipi.go.id/index.php/in/kegiatan/tahun-2010/170-workshop-publikasi-online
http://www.publikasionline.com/
ETIKA DALAM PENELITIAN DENGAN BANTUAN
INTERNET
Di dalam dunia maya
pun ada etika. Apa sih itu etika?
Etika berasal dari bahasa Yunani Kuno: "ethikos" yang berarti
"timbul dari kebiasaan". Etika adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana
cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan
penilaian moral.
Secara garis besar, penelitian percobaan
(eksperimen) terbagi menjadi penelitian laboratorium (laboratory
experiment) dan penelitian lapangan (field
experiment). Masing-masing penelitian tersebut memliki kelebihan atau kelemahan tersendiri.
1. Penelitian
laboratium
Penelitian laboratorium merupakan penelitian yang
dilakukan dalam ruangan tertutup, dimana kelompok
eksperimen dijauhkan dari variable pengganggu sebab dapat memengaruhi hasil
dari pengujian hubungan sebab akibat.
- Kelebihan
penelitian ini adalah hasil dari penelitian ini lebih dapat di pertanggungjawab
kan keabsahannya karena
hanya memfokuskan pada
pengujian hubungan sebab dan akibat.
- Kelemahan penelitian laboratorium adalah penelitian ini belum
tentu dapat diberlakukan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Penelitian
lapangan
Penelitian lapangan merupakan penelitian yang
dilakukan dalam ruangan terbuka, dimana kelompok
eksperimen masih dapat berhubungan dengan faktor-faktor luar.
- Kelebihan
penelitian lapangan adalah hasil penelitian ini dapat diberlakukan dalam
kehidupan sehari-hari.
- Kelemahan
penelitian lapangan adalah tingkat kepastian
hubungan sebab akibat tidak sebesar pada penelitian laboratorium karena
sulitnya untuk mengontrol variabel-variabel pengganggu.
Dalam melakukan sebuah penelitian percobaan, terdapat etika dan aturan-aturan
yang harus diperhatikan oleh sang peneliti karena menyangkut kebebasan dan hak asasi subjek
penelitian. Berikut adalah etika penelitian percobaan:
- Kebebasan bagi publik untuk
mengakses hasil penelitian.
- Mengirimkan hasil penelitian kepada
subjek.
- Memberikan hal subjek dan
meminta persetujuan terlebih
dahulu.
-
Memberitahukan secara jujur dan jelas kepada subjek
tentang prosedur penelitian
yang telah dilakukan.
- Memberikan terapi atau bantuan pemulihan kepada subjek
yang mengalami akibat negatif, baik secara fisik atau psikis dari penelitian,
sampai kembali sehat seperti semula.
- Penelitian yang melibatkan binatang harus
memperhatikan akibat negatif yang mungkin dialami binatang, seperti indra melemah,
menyendiri, serta memar atau luka fisik.
Beberapa alasan mengenai pentingnya etika
dalam dunia maya adalah sebagai berikut:
a. Bahwa pengguna
internet berasal dari berbagai negara yang mungkin memiliki budaya, bahasa dan
adat istiadat yang berbeda-beda.
b. Pengguna internet merupakan
orang-orang yang hidup dalam dunia yang tidak mengharuskan pernyataan identitas
asli dalam berinteraksi.
c. Berbagai macam
fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak
etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan
hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.
d. Harus diperhatikan bahwa
pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya
“penghuni” baru didunia maya tersebut.
Dasar-dasar etika
yang perlu diketahui:
- Jujur dalam
mencantumkan sumber dan penulis
- Kutip seperlunya
- Bijak dalam
meng-copy sebuah situs
SUMBER:
http://id.wikipedia.org/wiki/Etika
http://perpuspapat.files.wordpress.com/2008/02/etikaber-internet.pdf
http://ebookbrowser.com/etika-penelitian-eksperimen-psikologi.pdf
PEMBAHASAN JURNAL
PENELITIAN PSIKOLOGI TENTANG INTERNET
Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas Jurnal mengenai “Pengaruh
Loneliness terhadap Internet Addiction pada Individu Dewasa Awal terhadap
Internet”.
Individu dalam tahapan dewasa awal dengan tugas perkembangan membentuk
hubungan intim dengan orang lain, maka membutuhkan intimasi yang merupakan
unsur pokok dalam kepuasan suatu hubungan. Jika individu tidak berhasil
mengembangkan intimasinya maka akan mengalami isolasi dan merasakan loneliness.
Loneliness diartikan oleh Peplau dan Perlman sebagai perasaan yang dirugikan
dan tidak terpuaskan yang dihasilkan dari kesenjangan antara hubungan sosial
yang di inginkan dan hubungan sosial yang dimilikinya.
Ada tiga elemen dari
definisi loneliness yang dikemukakan oleh Peplau dan Perlman, yaitu
-pengalaman subyektif
yang tidak bisa diukur dengan observasi sederhana
-perasaan yang tidak
menyenangkan
-secara umum
merupakan hasi dari kurangnya/terhambatnya hubungan sosial.
Faktor yang
mempengaruhi loneliness:
-usia
-status perkawinan
-jenis kelamin
-status sosial
ekonomi
-karakteristik
Dari hasil penelitian diketahui bahwa adanya pengaruh positif terhadap
internet addiction. Masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi internet
addiction pada pengguna internet. Misalnya, faktor genetik, biologis, cinta,
budaya, agama dan norma.
Mckenna dan Bargh menyatakan bahwa penggunaan internet sebagai salah
satu upaya mengatasi loneliness membawa dampak positif sekaligus negatif. Biasanya
menimbulkan keuntungan seperti mengurangi loneliness, mengembangkan perasaan,
mendapatkan dukungan sosial dan membentuk persahabatan secara online. Tetapi di
sisi lain malah menyebabkan individu memiliki waktu terbatas untuk berinteraksi
terhadap dunia nyata. Penelitian lainnya menunjukan bahwa individu yang
mengalami loneliness dapat menyebabkan gangguan dalam fungsi kehidupan
sehari-hari.
Terdapat pengaruh positif loneliness terhadap internet addiction pada
pengguna internet. Artinya semakin tinggi loneliness yang dirasakan pengguna
internet maka akan semakin tinggi juga internet addicion yang dirasakan
ataupunsebaliknya.
Tidak ada perbedaan loneliness pada pengguna internet yang ditinjau dari
usia. Tidak ada juga perbedaan pada pengguna internet bila ditinjau dari jenis
kelamin. Tetapi jika ditinjau melalui status pekerjaan, terdapan perbedaan yang
signifikan.
Semestinya pengguna internet menyadari kemungkinan mengalami internet
addiction dan pentingnya mengontrol pola penggunaan internet agar kehidupan
sosial didunia nyatatidak terganggu.
SUMBER:
https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:XNe9qqKypskJ:isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/42094954.pdf+jurnal+hubungan+Psikologi+dan+Internet
http://novinoly.blogspot.com/2011/11/jurnal-penelitian.html
B.Fenomena yang
Berkaitan dengan Psikologi dan Internet
GAME ONLINE
Dalam 3 hari ini saya bermain game online. Nama game nya Atlantica
Online. Menceritakan tentang petualangan-petualan mencari gold. Dalam game ini
level tertinggi mencapai 150, tetapi rencananya akan dinaikan levelnya menjadi
level 160.
Cara bermain:
·
Kita harus punya ID sebekum
bermain, kalau tidak punya ID daftar dulu di gemschool
·
Jika sudah login, kita
menjelajah ke tempat-tempat yang misterius. Saat di awal-awal permainan, pasti akan
sering di beri hadiah dari pemain lain.
·
Rajin-rajin membuka note,
karena note berisikan pemberitahuan jumlahitem yang di jual, pesan masuk.
·
Dalam permainan ini juga
menjalankan misi atau perindah dari MCP/quest
Manfaat Positif:
- Sebagai hiburan
dikala waktu senggang
- Melatih kesabaran
- Melatih konsentrasi
- Mendapat teman baru
dalam chatting di game
Dampak Negatif:
- Lupa akan waktu
- Bisa menyebabkan
Kecanduan dalam bermain game online
- Lupa akan kewajiban
yang dimilikinya
- Pemborosan
- Mengurangi sifat
sosial nya
- Membuat kesehatan menurun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar