Komunikasi dalam Manajemen
a. Definisi Komunikasi
Komunikasi
adalah suatu proses penyampaian informasi atau pendapat (pesan, ide atau
gagasan) dari satu individu ke induvidu lain. Proses Individu atau beberapa
orang, kelompok dan masyarakat menggunakan informasi agar bisa berhubungan
dengan lingkungannya dan orang lain ini juga bisa disebut komunikasi.
b. Proses Komunikasi
Ada beberapa tahap proses komunikasi, yaitu:
1. Penginterprestasian
2. Penyandian
3. Pengiriman
4. Perjalanan
5. Penerimaan
6. Penyandian Balik
7. Penginterprestasian
c. Hambatan Komunikasi
Menurut Ron Ludlow & Fergus Panton, ada hambatan
dalam komunikasi, yaitu :
1. Status effect
2. Semantic Problems
3. Perceptual distorsion
4. Cultural Differences
5. Physical Distractions
6. Poor choice of communication channels
7. No Feed back
d. Definisi Komunikasi Interpersonal Efektif
Komunikasi interpersonal efektif dalam organisasi:
a. Definisi berdasarkan komponen (componential)
Definisi
berdasarkan komponen menjelaskan komunikasi antar pribadi dengan mengamati
komponen-komponen utamanya.
b. Definisi berdasarkan hubungan diadik (dyadic)
Komunikasi
antar pribadi ini adalah komunikasi diadik yang melibatkan hanya dua orang,
seperti suami istri, dua sejawat, dua sahabat dekat, guru murid. Ciri-ciri
komunikasi diadik adalah pihak-pihak yang berkomunikasi berada dalam jarak yang
dekat, pihak-pihak yang berkomunikasi mengirim dan menerima pesan secara
spontan.
c. Definisi berdasarkan pengembangan (developmental)
Komunikasi
antar pribadi dilihat sebagai akhir dari perkembangan dari komunikasi yang
bersifat tak pribadio atau interpersonal. Pada suatu ekstrim menjadi komunikasi
pribadi atau intim pada ekstrim yang lain. Perkembangan ini mengisyaratkan atau
mendefinisikan pengembangan komunikasi antar pribadi.
e. Model Pengelola Informasi
Model Pengolahan Informasi
pada dasarnya menitikberatkan dorongan-dorongan internal (datang dari dalam
diri) manusia untuk memahami dunia dengan cara menggali dan mengorganisasikan
data, merasakan adanya masalah dan mengupayakan jalan pemecahannya, serta
mengembangkan bahasa untuk mengungkapkannya
Model pengolahan informasi dibawah ini ada 4 yaitu:
1. Rational
2. Limited capacity
3. expert
4. cybernetic
f. Model Interaktif Manajemen
1. Confidence
Kenyamanan dapat membuat suatu organisasi bertahan
lama dan menimbulkan suatu kepercayaan dan pengertian.
2. Immediacy
Suatu model organisasi yang membuat suatu organisasi
tersebut menjadi segar dan tidak membosankan
3. Interaction management
Adanya berbagai interaksi dalam manajemen seperti
mendengarkan dan juga menjelaskan kepada berbagai pihak yang bersangkutan
4. Expressiveness
Mengembangkan suatu komitmen dalam suatu organisasi
dengan berbagai macam ekspresi perilaku.
5. Other-orientation
SUMBER:
http:// gotheblock.blogspot .com/ 2013/12/komunikasi-dalam-manajemen_27.html
T. Handoko Hani. 1999. Manajemen Edisi 2. Yogyakarta:
Penerbit BPFE.
http:// www. lusa.web.id/ proses-komunikasi /
Kartini Hartono. 1994. Psikologi sosial untuk manajemen,
perusahaan dan Industri. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar