find me:D

Rabu, 08 Januari 2014

Psikologi Manajemen - Komunikasi dalam Manajemen 14+15

Komunikasi dalam Manajemen
a. Definisi Komunikasi
            Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi atau pendapat (pesan, ide atau gagasan) dari satu individu ke induvidu lain. Proses Individu atau beberapa orang, kelompok dan masyarakat menggunakan informasi agar bisa berhubungan dengan lingkungannya dan orang lain ini juga bisa disebut komunikasi.

b. Proses Komunikasi
Ada beberapa tahap proses komunikasi, yaitu:
1. Penginterprestasian
2. Penyandian
3. Pengiriman
4. Perjalanan
5. Penerimaan
6. Penyandian Balik
7. Penginterprestasian

c. Hambatan Komunikasi
Menurut Ron Ludlow & Fergus Panton, ada hambatan dalam komunikasi, yaitu :
1. Status effect
2. Semantic Problems
3. Perceptual distorsion
4. Cultural Differences
5. Physical Distractions
6. Poor choice of communication channels
7. No Feed back

d. Definisi Komunikasi Interpersonal Efektif
Komunikasi interpersonal efektif dalam organisasi:
a. Definisi berdasarkan komponen (componential)
            Definisi berdasarkan komponen menjelaskan komunikasi antar pribadi dengan mengamati komponen-komponen utamanya.
b. Definisi berdasarkan hubungan diadik (dyadic)
            Komunikasi antar pribadi ini adalah komunikasi diadik yang melibatkan hanya dua orang, seperti suami istri, dua sejawat, dua sahabat dekat, guru murid. Ciri-ciri komunikasi diadik adalah pihak-pihak yang berkomunikasi berada dalam jarak yang dekat, pihak-pihak yang berkomunikasi mengirim dan menerima pesan secara spontan.
c. Definisi berdasarkan pengembangan (developmental)
            Komunikasi antar pribadi dilihat sebagai akhir dari perkembangan dari komunikasi yang bersifat tak pribadio atau interpersonal. Pada suatu ekstrim menjadi komunikasi pribadi atau intim pada ekstrim yang lain. Perkembangan ini mengisyaratkan atau mendefinisikan pengembangan komunikasi antar pribadi.

e. Model Pengelola Informasi
            Model Pengolahan Informasi pada dasarnya menitikberatkan dorongan-dorongan internal (datang dari dalam diri) manusia untuk memahami dunia dengan cara menggali dan mengorganisasikan data, merasakan adanya masalah dan mengupayakan jalan pemecahannya, serta mengembangkan bahasa untuk mengungkapkannya
Model pengolahan informasi dibawah ini ada 4 yaitu:
1. Rational
2. Limited capacity
3. expert
4. cybernetic

f. Model Interaktif Manajemen
1. Confidence
Kenyamanan dapat membuat suatu organisasi bertahan lama dan menimbulkan suatu kepercayaan dan pengertian.
2. Immediacy
Suatu model organisasi yang membuat suatu organisasi tersebut menjadi segar dan tidak membosankan
3. Interaction management
Adanya berbagai interaksi dalam manajemen seperti mendengarkan dan juga menjelaskan kepada berbagai pihak yang bersangkutan
4. Expressiveness
Mengembangkan suatu komitmen dalam suatu organisasi dengan berbagai macam ekspresi perilaku.
5.      Other-orientation


SUMBER:
http:// gotheblock.blogspot .com/ 2013/12/komunikasi-dalam-manajemen_27.html
T. Handoko Hani. 1999. Manajemen Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit BPFE.
http:// www. lusa.web.id/ proses-komunikasi / 
Kartini Hartono. 1994. Psikologi sosial untuk manajemen, perusahaan dan Industri. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar