find me:D

Jumat, 05 Oktober 2012

Psikologi dan Teknologi Internet - 2



Mengapa manusia membutuhkan atau tidak membutuhkan internet

Internet itu sendiri dapat di artikan sebagai jaringan yang luas, mendunia dan tanpa batas. Yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu kota ke kota lain bahkan dari negara ke negara lain di seluruh dunia. Di dalam internet terdapat berbagai sumber informasi yang interaktif. Internet merupakan dunia maya tanpa batas yang tidak mengenal batas-batas suku, bangsa dan benua.
Apakah manusia membutuhkan internet? Pasti semua akan bilang “IYA”. Semua manusia membutuhkan internet karena ingin menunjang semua aktivitas mereka. Misalnya untuk mendapatkan informasi atau berita, mencari referensi dan bacaan panjang yang sulit didapatkan didalam perpustakaan. Internet memberikan dampak besar pada seluruh manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Internet berperan penuh dalam kehidupan sosial, internet sebagai media komunikasi, media pertukaran data, media untuk mencari segala macam informasi. Berbagai macam informasi dalam berbagai bentuk dan tujuan pasti ada di internet dan hanya perlu sentuhan jari saja kita dapat mengakses itu semua. Banyak pemakai internet mengupload hasil penelitian, penulisan dan karya terbarunya untuk dipublikasikan. Berbagai informasi dengan mudah didistribusikan kepada pengguna internet.
Dalam dunia bisnis internet digunakan sebagai alat penghubung yang praktis dan cepat untuk berkominikasi antara perusahaan dengan pelanggan tanpa harus memikirkan waktu dan tempat. Internet terhubung juga dengan ratusan katalog perpustakaan yang memungkinkan pengguna internet dengan mudah mencari informasi.


Pendekatan Psikologis:
Setiap pendekatan mempunyai fokus yang berbeda dan menggunakan metode penelitian yang berbeda juga.
Psikologi kognitif adalah salah satu cabang dari psikologi dengan pendekatan kognitif untuk memahami perilaku manusia. Psikologi kognitif mempelajari tentang cara manusia menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang suatu informasi.
Jadi setiap mereka yang mengakses internet itu pasti akan mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang apa yang sudah di lihat, di dengar dan dibaca di layar komputer tersebut. Ketika mereka mencari sebuah informasi, pasti mereka akan memilah-milah berita mana yang benar dan berita yang salah. Mempersepsikan sebuah informasi itu kita mampu mengenal emosi, fisik, rasa dan pikiran. Dan mampu membedakan ekspresi yang tepat dan yang jujur dan yang tidak jujur.
Ada yang nama nya “The Law of Effect (Hukum Akibat)” yaitu; suatu perbuatanyang menghasilkan kepuasan akan cenderung di ulang kembali. Jadi setiap kita buka internet atau bermain game online pasti akan merasakan suatu kepuasan karena tujuannya telah tercapai. Jika kita merasa puas dan senang maka perbuatan itu akan terus kita ulangi. Pasti nya akan membuat kita terus menerus membutuhkan internet, untuk chatting, game online, berbelanja, mencari informasi dan lain-lain.

SUMBER:
Daryanto. 2003. Memahami Kerja Internet. Bandung: Yrama Widya
Rafiudin. 2006. Jaringan Komputer untuk Pemula. Jakarta: Elexmedia
Komputindo
Prabowo. 1998. Psikologi Umum 1. Jakarta: Penerbit Gunadarma



Dampak Positif dan Negatif Internet

Sebenarnya dalam bermain internet dapat memunculkan beberapa dampak positif dan dampak yang negatif dan semua itu ada sebab-akibat. Tapi semua itu tergantung pada si pemakai internet bagaimana cara memanfaatkannya. Berbagai informasi dengan mudah didistribusikan kepada pengguna internet.
Internet memberikan dampak besar pada seluruh manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Internet berperan penuh dalam kehidupan sosial, internet sebagai media komunikasi, media pertukaran data, media untuk mencari segala macam informasi. Berbagai macam informasi dalam berbagai bentuk dan tujuan pasti ada di internet dan hanya perlu sentuhan jari saja kita dapat mengakses itu semua.

Dampak Positif:
  1. Mudah mendapatkan informasi
  2. Belanja dengan mudah
  3. Mengobrol (chatting)
  4. Research dengan internet
  5. Bertukar informasi
  6. Mudah dalam mendownload file (film, musik, gambar, lagu dll)
  7. Mudah, cepat dan murah
Dampak Negatif:
1.                  Penyalahgunaan dan Eksploitasi Anak
2.                  Pelecehan
3.                  Kesalahan Informasi
4.                   Penipuan
5.                  Pornografi
6.                  Perjudian
7.                  Mengurangi sifat sosial
8.                  Membuat kesehatan menurun
9.                  Kecanduan Game Online


SUMBER:
Daryanto. 2003. Memahami Kerja Internet. Bandung: Yrama Widya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar