Mengendalikan
Fungsi Manajemen
A.
Definisi
Mengendalikan (Controlling)
Pengendalian adalah fungsi
manajerial seperti perencanaan, pengorganisasian dan pengarahan. Pengendalian
merupakan adalah fungsi penting karena membantu untuk memeriksa kesalahan dan
mengambil tindakan korektif sehingga penyimpangan dari standar diminimalkan dan
menyatakan tujuan organisasi dicapai dengan cara yang diinginkan.
B. Langkah-langkah dalam kontrol
4 langkah dalam proses pengendalian manajemen :
1. Perencanaan
Strategi
2. Penyusunan
Anggaran
3. Pelaksanaan
Anggaran
4. Evaluasi
Kinerja
C. Tipe-tipe Kontrol
Dalam pengawasan
terdapat beberapa tipe pengawasan seperti yang diungkapkan Winardi (2000, hal.
589). Fungsi pengawasan dapat dibagi dalam tiga macam tipe, atas dasar fokus
aktivitas pengawasan, antara lain:
1. Pengawasan Pendahuluan
(Preliminary Control)
2. Pengawasan pada saat
kerja berlangsung (Cocurrent Control)
3. Pengawasan Feed Back
(Feed Back Control)
D. Kontrol Proses Manajemen
1. Perencanaan Strategi.
2. Penyusunan Anggaran.
3. Pelaksanaan.
4. Evaluasi Kerja.
KEKUASAAN
DAN PENGARUH
- Definisi Kekuasaan
Kekuasaan adalah kemampuan yang dimiliki seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi individu lain ataupun kelompok lain. Kekuasaan yang dimiliki seseorang akan menempatkan orang tersebut dalam suatu kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang lain yang dipengaruhinya. Pada umumnya kekuasaan akan menciptakan suatu hubungan yang vertical dalam suatu organisasi. Kekuasaan juga akan menentukan siapa yang pantas dan seharusnya mengambil keputusan dalam suatu organisasi. - Sumber-sumber
Kekuasaan
Ada pun sumber
kekuasaan itu sendiri ada 3 macam,yaitu:
1.
Kekuasaan yang bersumber pada kedudukan.
2.
Kekuasaan yang bersumber pada
kepribadian.
3.
Kekuasaan yang bersumber pada politik.
- Definisi
Pengaruh
Pengaruh
adalah kegiatan atau keteladanan yang baik secara langsung atau tidak langsung
mengakibatkan suatu perubahan perilaku dan sikap orang lain atau kelompok.
- Pengaruh Taktik Organisasi
Taktik
mempengaruhi, antara lain :
·
Persuasi
rasional
·
Permintaan
inspirasional
·
Konsultasi
·
Permintaan
pribadi
·
Pertukaran
·
Taktik
koalisi
·
Taktik
pengesahan
SUMBER:
Erni
Tisnawati Sule, dkk. 2004. Pengantar
manajemen. Bandung: Kencana
Sukoco, Badri Munir. (2007). Manajemen
administrasi perkantoran modern. Jakarta: Erlangga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar